11.17.2011

Pertandingan Penggalauan

17-11-2011
(sekitar pukul 20:45)
Sea Games - Football
Group Final Match
Indonesia VS Malaysia (0-1)

Indonesia baru saja dikalahkan oleh Malaysia di pertandingan sepak bola final regu. Sebenernya buat aku pribadi ini bukan masalah besar yang harus diperbincangkan secara kasar di dunia maya. Beberapa orang sibuk komentar sana-sini. Tentang wasit, tentang pemain Malaysia, tentang pelatihnya. Tapi lupa akan esensi dari pertandingan itu sendiri. Lupa akan "Siapa yang sedang didukung?" Makian mulai muncul satu per satu untuk hal yang warga Indonesia rasa kurang adil. Berbagai sumpah serapah dan emoticon fuck khas hape Blackberry pun bermunculan dari tweet paling atas sampai paling bawah (oke ini hiperbola). Ya, tapi kurang lebih 50% dari yang aku katakan ini benar.  Apakah harus? 
Menurutku, ketakutan akan kalah dari Malaysia ini terbangun dari rasa benci yang sudah memupuk di hati sebagian besar rakyat Indonesia. Bukan takut kalah sebenarnya. Tapi, takut dicemooh, dihina dan direndahkan oleh rakyat Malaysia. Ini bukan hal besar kalau saja kita tidak menanggapinya terlalu serius. Tindakan negatif secara verbal efeknya tidak akan terlalu terlihat. Namun ketika mereka sudah menyentuh fisik bangsa ini baru ambil deh tindakan terserah kalian.
Jadi, sebenernya inti posting ini cuma mau bilang, ini Sea Games kawan-kawan. Pertandingan yang ada di sini bukan hanya sepak bola. Mungkin ini klimaksnya bagi beberapa orang. Tapi untuk sebagian orang lagi, masih ada yang menganggap ini hanya salah satu kekalahan dari sekian puluh kemenangan yang sudah kita raih. Kita berhasil kan mempermalukan mereka di bulu tangkis? Tapi ya sekali lagi ini tergantung dari bagaimana cara setiap individu menanggapinya. Aku juga ga bisa memaksakan semua orang untuk berpikir sama dengan aku. Tapi, inilah cara aku memandang dan menanggapi hal-hal yang baru saja terjadi. Selamat malam :)

2 comments:

  1. Aku setuju dengan pendapat Ka Valent. Toh secara perolehan medali, jumlah medali emas Indonesia jauh melampaui Malaysia, kan?

    ReplyDelete
  2. THIS. glad to know i'm not the only one think of this things (':

    ReplyDelete